Recent

Blogroll

Comment

Arsip lain

Lihat jadwal shalat...

Pages

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Powered by Blogger.

Translate this site

About Me

My photo
Mari berbagi kebaikan untuk kehidupan yang lebih baik phone : +6287792214889 email : iirsyadbiz@gmail.com

GoogLe search

Thursday, March 14, 2013

Tips hemat BBM dalam berkendara

Cara mengendarai kendaraan sangat menentukan dalam pemakaian BBM, dengan menghemat BBM berarti kita bisa menghemat uang.
Dengan menghemat BBM berarti kita telah turut andil dalam memperlambat polusi serta menciptakan lingkungan yang lebih sehat


1. Gunakan kendaraan dengan bijak
Konsumsi BBM lebih tinggi pada saat awal perjalanan atau dalam perjalanan yang pendek. salah satu penyebabnya adalah sifat mesin itu sendiri yang baru bisa bekerja optimal dalam menkonsumsi setelah dipanaskan atau berjalan lebih kurang 5 km.
untuk itu hindari pemakaian kendaraan untuk jarak-jarak pendek, sebaiknya lakukan perjalanan dengan beberapa keperluan sekaligus atau lakukan dengan bersepeda atau berjalan kaki

2  Jalankan kendaraan pada perslening yang tepat

3. Jalankan kendaraan dengan lembut atau kecepatan yang stabil

4. Kurangi pemborosan BBM saat kendaraan berhenti
Sebagian mobil sekarang tidak perlu waktu khusus untuk pemanasan, cara yang tepat cukup dengan menghidupkan beberapa saat sebelum memulai perjalanan. selain itu pada saat mobil parkir atau berhenti untuk waktu yang cukup lama sebaiknya mesin dimatikan.

5. Hindari mengendarai dengan sangat kencang.
konsumsi BBM meningkat secara drastis diatas 90 km/ jam.

6. Kurangi penggunaan aksesoris tambahan 
Penggunaan accesoris yang tidak perlu atau berlebihan atau membukakan jendela terlalu lebar akan meningkatkan konsumsi BBM. Kalau tidak terlalu dibutuhkan atau jarang digunakan sebaiknya perangkat tambahan tersebut dilepaskan seperti rak barang pada atau atau gantungan sepeda.

7. Jaga kondisi ban
Kondisi ban ikut menentukan konsumsi BBM oleh kendaraan. Dengan merawat ban maka perjalanan akan lebih ringan dan nyaman

8. Penggunaan AC yang lebih bijak
Pengunaan AC dapat mengkonsumsi 10 % BBM lebih banyak dibanding normal. namun pada kecepatan diatas 80 km/jam penggunaan AC lebih baik terhadap konsumsi BBM dibanding membiarkan jendela terbuka.
Jika diawal perjalanan bagian dalam mobil panas, bukakan jendela mobil beberapa saat untuk membantu mendinginkan udara sebelum AC dihidupkan.

9  Kurangi beban mobil
Makin berat mobil, makan konsumsi BBM makin besar. Jika tidak sedang diperlukan sebaiknya turunkan peralatan yang berat seperti peralatan olahraga.

10. Jaga kendaraan dalam kondisi prima
Lakukan perawatan dan service secara berkala sesuai petunjuk penggunaan kendaraan yang diberikan pabrik

Mari kita hemat penggunaan BBM supaya udara lebih bersih dan sehat.

0 comments:

Post a Comment